A.
Sejarah Singkat Satuan Lembaga PAUD Terpadu Arimbi
Melihat perkembangan pendidikan di
Indonesia semakin meningkat, Pemerintah dan para orang tua mulai lebih
memperhatikan sangat pentingnya pendidikan anak di usia dini. Bapak Capt. H.
Syamsuddin Sayuti, M.M beritikad mendirikan sebuah lembaga pendidikan yang
dikhususkan untuk anak usia dini. Dengan luas lahan 550 m2 dan area
yang jauh dari jalan raya di Jl. Mulawarman
RT.38 No. 44, Kelurahan Manggar, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota
Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur. Alhamdulillah atas izin Allah SWT, keinginan beliau
bisa terealisasi. Pada tahun 2012, sebuah Lembaga Pendidikan Non Formal PAUD
Terpadu Arimbi berdiri dengan cita-cita membantu anak-anak di lingkungan
sekitar mendapatkan pendidikan yang lebih baik, dengan biaya terjangkau (bagi
yang tidak mampu gratis), dan berkarakter islami. Disahkan dalam Akte Notaris
No: 59 pada tanggal 09 April 2012 oleh Notaris Dewi Handayani, SH,M.Kn siswa
awal sebanyak 57 anak dibagi menjadi 4
kelas, hingga sekarang menjadi 63 anak dibagi menjadi 4 kelas.
B.
Struktur Kepengurusan Satuan Lembaga PAUD Terpadu Arimbi
dan Uraian Tugas
1.
Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Yayasan
a. Menjaga
dan memastikan pelaksanaan kerja dan kegiatan Yayasan sesuai dengan visi, misi,
tujuan.
b. Memberikan
masukan kepada ketua umum dan menetapkan Program Yayasan.
c. Memberikan
masukan kepada ketua umum dalam pelaksanaan Program Yayasan.
d. Melakukan
pengawasan dan memberikan rekomendasi kepada seluruh pengurus dalam hal
penjagaan kondisi persatuan dan kesatuan serta motivasi berorganisasi pengurus.
2.
Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Sekolah
a. Kepala
sekolah sebagai manajer dalam menyusun program, menggerakkan staf/guru.
b. Kepala sekolah sebagai pemimpin, yang
memahami kondisi staf/guru, memiliki visi dan misi, serta mengambil keputusan.
c. Kepala sekolah sebagai inovator, yaitu
kemampuan mencari, mengemukakan, dan melaksanakan gagasan baru untuk
pembaharuan sekolah.
d. Kepala sekolah sebagai motivator,
kemampuan mengatur lingkungan kerja (fisik), kemampuan mengatur suasana kerja
(non fisik), kemampuan menerapkan prinsip penghargaan dan hukuman.
3.
Tugas Pokok dan Fungsi Tata Usaha
a. Bertanggungjawab
atas pengelolaan keuangan Yayasan.
b. Membuat laporan keuangan secara periodik dan
secara tertulis yang disampaikan secara berkala.
c. Menyusun
dan mengatur anggaran dengan mengkoordinasikan kepada Kepala Sekolah.
d. Mengatur
pencatatan, penerimaan, penyimpanan, dan pengeluaran keuangan, bukti kas yang
berhubungan dengan kegiatan Yayasan dan dilaporkan secara transparan.
e. Mengaplikasikan teknologi informasi dalam
administrasi pendidikan.
f. Mendokumentasi data kelembagaan dengan
menggunakan berbagai media.
g. Memberi pelayanan administratif kepada
pendidik dan tenaga kependidikan, serta orang tua peserta didik.
h. Mengelola sarana dan prasarana
satuan/program PAUD secara optimal.
i. Memperlancar administrasi penerimaan
peserta didik dan pengelompokkan peserta didik.
j. Mengelola keuangan sesuai dengan prinsip
pengelolaah yang akuntabel, transparan dan efisien.
k. Mengelola ketatausahaan untuk mendukung
pencapaian tujuan.
l. Menjalin kerjasama dengan seluruh pendidik
dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan.
m. Bersikap ramah, terbuka, dan transparan
dalam memberikan pelayanan.
n. Memiliki kepekaan sosial.
o. Bekerjasama dengan berbagai pihak untuk
kepentingan satuan/program PAUD.
4.
Komite Sekolah
a. Meningkatan mutu pelayanan dengan
memberikan pertimbangan, arahan dan dukungan tenaga, sarana dan prasarana,
serta pengawasan pendidikan padatingkat satuan pendidikan.
5.
Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Perpustakaan
a. Merencanakan
pengadaan buku-buku pustaka/media cetak.
b. Pengurusan
layanan perpustakaan.
c. Perencanaan
pengembangan perpustakaan.
d. Memelihara
perbaikan buku-buku.
e. Inventarisasi
dan pengadministrasian buku-buku.
f. Melakukan
layanan bagi siswa, guru, dan tenaga kependidikan lainnya, serta masyarakat.
g. Menyusun
tata tertib perpustakaan.
h. Menyusun
laporan pelaksanaan kegiatan perpustakaan secara berkala.
6.
Tugas Pokok dan Fungsi Kepala UKS
a. Menyusun
rencana kegiatan UKS berdasarkan data program puskesmas.
b. Melaksanakan
kegiatan UKS dan koordinasi lintas program terkait.
c. Mengevaluasi
hasil kegiatan UKS secara keseluruhan.
d. Membuat
catatan dan laporan kegiatan dibidang tugasnya sebagai bahan informasi dan
pertanggungjawaban.
7.
Tugas Pokok dan Fungsi Guru Kelas/Sentra
a.
Membuat
kelengkapan mengajar sentra dengan
baik dan lengkap.
b. Melaksanakan kegiatan pembelajaran.
c. Melaksanakan kegiatan pembelajaran.
d. Melaksanakan kegiatan penilaian proses
belajar.
e. Melaksanakan analisis hasil evaluasi
pembelajaran.
f. Menyusun dan melaksanakan program
perbaikan dan pengayaan.
g. Mengisi daftar nilai anak didik.
h. Melaksanakan kegiatan membimbing
(pengimbasan pengetahuan), kepada guru lain dalam proses pembelajaran.
i.
Membuat
alat pelajaran/alat peraga.
j.
Menumbuh
kembangkan sikap menghargai karya seni.
k. Mengikuti kegiatan pengembangan dan
pemasyarakatan kurikulum.
l.
Melaksanakan
tugas tertentu di sekolah.
m. Mengadakan pengembangan program
pembelajaran.
n. Membuat catatan tentang kemajuan hasil
belajar anak didik.
o. Mengisi dan meneliti daftar hadir sebelum
memulai pembelajaran.
p. Mengatur kebersihan ruang kelas dan
sekitarnya.
8.
Tugas Pokok dan Fungsi Guru Pendamping
a. Mendampingi
guru kelas/sentra dalam menyiapkan
kegiatan yang berkaitan dengan materi belajar.
b. Mendampingi
anak berkebutuhan khusus dalam menyelesaikan tugasnya dengan pemberian
instruksi yang singkat dan jelas.
c. Menyusun
kegiatan yang dapat dilakukan di dalam kelas maupun di luar kelas.
d. Memberikan
pengajaran yang menyenangkan kepada anak.
e. Membantu
dalam melakukan penilaian tahapan perkembangan anak.
9. Tugas
Pokok dan Fungsi Pengasuh
a. Melakukan
perawatan kebersihan anak.
b. Merawat
kebersihan fasilitas yang digunakan anak.
c. Bersikap
dan berperilaku sesuai dengan kebutuhan dan psikologis anak.
C. Alamat dan Peta Lokasi Satuan lembaga PAUD Terpadu Arimbi
PAUD Terpadu
Arimbi berada di JL. Mulawarman RT. 38 No. 44 Kelurahan Manggar, Kecamatan
Balikpapan Timur, Kode Pos 76116.
D.
Status Satuan lembaga PAUD Terpadu Arimbi
1. Nama Satuan PAUD :
ARIMBI
2. Jenis Satuan PAUD :
TK, KB, dan TPA
3. Status Satuan PAUD :
Swasta
4.
Status
Kepemilikan PAUD : Yayasan
5.
Alamat Satuan
PAUD : Jl. Mulawarman RT.38
No. 44, Kelurahan Manggar,
Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan,
Kode Pos 76116
6.
Akte Notaris
Satuan PAUD
No :
59
Tanggal : 09 April
2012
Dikeluarkan
oleh : Dewi
Handayani, S.H, M.Kn
7. Perijinan satuan PAUD
No :
420/100/DisdikPLS.III/2015
Tanggal : 24 Maret
2015
Dikeluarkan
oleh : Dinas
Pendidikan Kota Balikpapan
No. NPWP
Lembaga :
31.515.383.3.721.000
8. NPSN
KB/TPA :
69806233/69806240
9. Akreditasi :
Baik (B)
No. Akreditasi : No. PAUD 6471 00009
12 2015
Tanggal : 23
Desember 2015
Dikeluarkan
oleh : BAN PAUD dan
PNF
Masa Berlaku : 23 Desember 2020
10. Data Rekening Bank
Nama Bank : Bank BRI
Cabang/Unit : Manggar
No. Rekening :
2112.01.002014.50.9
Atas nama : KB Arimbi
Nama Bank : Bank Kaltim
Cabang/Unit :
Manggar
No. Rekening : 1212056088
E.
Analisis
Swot PAUD Terpadu Arimbi
PAUD Terpadu Arimbi terletak di kecamatan Balikpapan Timur, dan PAUD Terpadu Arimbi saat ini
merupakan PAUD satu-satunya yang berada di kecamatan Balikpapan Timur untuk
menampung anak-anak usia dini yang belum bersekolah dan tidak dapat masuk TK
karena biaya dan hal-hal lainnya.
1. Strengths (Kekuatan)
Strategi
kekuatan yang dimiliki oleh PAUD Terpadu
Arimbi adalah :
a.
Berada dilingkungan atau area yang aman jauh dari jalan
raya.
b.
Banyak jumlah anak usia dini di masyarakat yang belum bersekolah.
c.
Berada di lingkungan yang padat penduduk kelurahan
manggar.
d.
Memiliki bangunan milik sendiri seluas 550
.
e.
Biaya masuk
sangat murah dan bagi yang tidak mampu gratis.
f.
Biaya-biaya administrasi sekolah sangat terjangkau.
g.
Biaya dapat dicicil hingga lulus sekolah.
h.
Memiliki local/ruang kelas 5, 1 ruang perpustakaan, 1 ruang UKS, 1
Dapur, 8 WC.
i.
Memiliki halaman sekolah yang luas untuk bermain dan
dilindungi atap, serta berpagar.
j.
Memiliki panggung untuk pergelaran.
k.
Memiliki tenaga pendidik yang cukup dan mau bekerja
secara social.
l.
Tenaga pendidik memiliki latar belakang SMA 9 orang dan S1 1 orang.
m.
PAUD bernuansa Islami.
n.
Dikenalkan dasar 3 bahasa , bahasa Indonesia, Inggris
dan Arab.
o.
Memiliki program pembelajaran yang jelas dan
menyenangkan.
p.
PAUD Terpadu
Arimbi berdampingan dengan Sekolah Menengah Pertama Negeri.
q.
Memiliki lahan parkir yang luas.
r.
Dekat dengan layanan kesehatan, bank, dan swalayan.
2. Weaknesses (Kelemahan)
Ada
beberapa kelemahan yang kami miliki dan kami terus berusaha untuk mencapai
suatu perbaikan tersebut sehingga minimal sisi kelemahan tersebut dapat
terkurangi :
a.
Peralatan
indoor masih terbatas pada permainan edukasi seperti balok-balok dan permainan
pura-pura (model) saja, karena masih terbatasnya bantuan pembiayaan.
b.
Mutu/kualitas input, proses dan output PAUD belum
sesuai dengan yang diharapkan.
3. Opportunities ( Peluang)
Selain kekuatan dan kelemahan di atas, terdapat juga peluang
yang harus dapat kami raih dan tantangan/ancaman yang harus dapat kami rubah
menjadi peluang.
Adapun peluang dan tantangan tersebut adalah sebagai berikut :
Adapun peluang dan tantangan tersebut adalah sebagai berikut :
a.
PAUD Terpadu
Arimbi dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat
termasuk mereka yang tergolong masyarakat kurang mampu.
b.
Sasaran yang dapat digarap oleh lembaga PAUD Terpadu Arimbi sangat banyak
c.
Terdapatnya kesadaran dan kesediaan masyarakat
membiayai anaknya secara mandiri walaupun sangat minim.
d.
PAUD Terpadu
Arimbi membuka
diri untuk adanya dari pihak – pihak lain sebagai donator untuk membantu proses
pembiayaan pembangunan dan proses KBM.
e.
PAUD Terpadu
Arimbi juga tidak berdiam diri dengan terus mencoba
kesempatan dan peluang-peluang untuk mengajukan dana ke instansi terkait atau
pihak-pihak yang peduli terhadap dunia pendidikan khususnya pendidikan anak
usia dini.
4. Threats
(Ancaman)
a.
Lembaga –lembaga Taman Kanak-Kanak di kecamatan Balikpapan Timur sudah ada yang modern dan memiliki fasilitas yang
lengkap
b.
Lembaga – lembaga TK yang memiliki fasilitas lengkap,
memiliki daya tariknya dengan kegiatan-kegiatan ekskul salah satunya adalah
drumband
c.
Tuntutan orang tua untuk memaksakan pihak lembaga atau
guru PAUD untuk mengajarkan calistung.
d.
Kemiskinan & Pengangguran di kelurahan Manggar cenderung meningkat.
e.
Masih rendahnya pendidikan masyarakat sekitar sehingga
rendahnya pemahaman akan pentingnya pendidikan bagi anak-anaknya.
f.
Masih sangat
rendahnya kesadaran masyarakat tentang Penididikan Anak Usia Dini, pemahaman
mereka bahwa anak-anak tidak perlu disekolahkan PAUD karena hanya bermain saja.
g.
Masih rendahnya
pemahaman tentang gizi yang baik bagi anak.
h. \PAUD Terpadu Arimbi adalah PAUD yang memiliki kecenderungan untuk mandiri, mencari
pembiayaan dari pihak ketiga yaitu masyarakat (individu) atau badan usaha
swasta, dan tidak mudah bahkan kesulitan dalam membangun networking
(silaturahim) dengan pihak – pihak tersebut.
i.
Karena pemerintah baru menggalakkan pendidikan PAUD
sehingga dalam mendirikan PAUD masih sangat dipermudah sehingga akan munculnya
PAUD-PAUD dari tahun-ketahun seperti jamur.
j.
Masih terbatasnya bantuan-bantuan sarana prasarana yang
digulirkan oleh pemerintah.
F.
Visi, Misi, dan Tujuan PAUD Terpadu Arimbi
1. Visi PAUD
Terpadu Arimbi
“PAUD Terpadu Arimbi Sekolah Unggul dan Memmbentuk
Generasi yang Islami”
2. Misi PAUD
Terpadu Arimbi
a. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan generasi
yang berakhlak, berbudi, dan berprestasi, serta mengembangkan bakat anak didik.
b. Meningkatkan, mengarahkan dan membina anak didik
menghormati dan menyayangi orang tua, guru, alam, lingkungan, serta sesama.
c. Meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan keterampilan IPTEK
(Ilmu Pengetahuan Teknologi) anak didik dalam proses bermain, belajar, dan
mengajar.
3. Tujuan PAUD
Terpadu Arimbi
Adapun tujuan PAUD Terpadu Arimbi yaitu sebagai berikut:
a. Membangun landasan bagi berkembangnya potensi peserta
didik agar menjadi manusia beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, berakhlak
mulia, kreatif, inovatif, mandiri, percaya diri, dan menjadi warga negara yang
demokratis dan bertanggungjawab.
b. Mengembangkan potensi kecerdasan spiritual, intelektual,
emosional, dan sosial anak didik pada usia emas pertumbuhan dalam lingkungan
bermain yang edukatif dan menyenangkan.
c. Membantu anak didik mengembangkan berbagai potensi baik
psikis maupun fisik yang meliputi moral dan nilai-nilai agama,
sosial-emosional, kognitif, bahasa, fisik/motorik, kemandirian, serta seni,
untuk siap memasuki pendidikan dasar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar