Jumat, 05 Oktober 2018

PROFIL LEMBAGA PAUD TERPADU ARIMBI

A.  Sejarah Singkat Satuan Lembaga PAUD Terpadu Arimbi
    Melihat perkembangan pendidikan di Indonesia semakin meningkat, Pemerintah dan para orang tua mulai lebih memperhatikan sangat pentingnya pendidikan anak di usia dini. Bapak  Capt. H. Syamsuddin Sayuti, M.M beritikad  mendirikan sebuah lembaga pendidikan yang dikhususkan untuk anak usia dini. Dengan luas lahan 550 m2 dan area yang jauh dari jalan raya di Jl. Mulawarman RT.38 No. 44, Kelurahan Manggar, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur. Alhamdulillah atas izin Allah SWT, keinginan beliau bisa terealisasi. Pada tahun 2012, sebuah Lembaga Pendidikan Non Formal PAUD Terpadu Arimbi berdiri dengan cita-cita membantu anak-anak di lingkungan sekitar mendapatkan pendidikan yang lebih baik, dengan biaya terjangkau (bagi yang tidak mampu gratis), dan berkarakter islami. Disahkan dalam Akte Notaris No: 59 pada tanggal 09 April 2012 oleh Notaris Dewi Handayani, SH,M.Kn siswa awal sebanyak  57 anak dibagi menjadi 4 kelas, hingga sekarang menjadi 63 anak dibagi menjadi 4 kelas.
B.  Struktur Kepengurusan Satuan Lembaga PAUD Terpadu Arimbi dan Uraian Tugas

 

 
                  
1.      Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Yayasan
a.    Menjaga dan memastikan pelaksanaan kerja dan kegiatan Yayasan sesuai dengan visi, misi, tujuan.
b.   Memberikan masukan kepada ketua umum dan menetapkan Program Yayasan.
c.    Memberikan masukan kepada ketua umum dalam pelaksanaan Program Yayasan.
d.   Melakukan pengawasan dan memberikan rekomendasi kepada seluruh pengurus dalam hal penjagaan kondisi persatuan dan kesatuan serta motivasi berorganisasi pengurus.
2.    Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Sekolah
a.    Kepala  sekolah sebagai manajer dalam menyusun program, menggerakkan staf/guru.
b.   Kepala sekolah sebagai pemimpin, yang memahami kondisi staf/guru, memiliki visi dan misi, serta mengambil keputusan.
c.    Kepala sekolah sebagai inovator, yaitu kemampuan mencari, mengemukakan, dan melaksanakan gagasan baru untuk pembaharuan sekolah.
d.   Kepala sekolah sebagai motivator, kemampuan mengatur lingkungan kerja (fisik), kemampuan mengatur suasana kerja (non fisik), kemampuan menerapkan prinsip penghargaan dan hukuman.
3.    Tugas Pokok dan Fungsi Tata Usaha
a.    Bertanggungjawab atas pengelolaan keuangan Yayasan.
b.    Membuat laporan keuangan secara periodik dan secara tertulis yang disampaikan secara berkala.
c.    Menyusun dan mengatur anggaran dengan mengkoordinasikan kepada Kepala Sekolah.
d.   Mengatur pencatatan, penerimaan, penyimpanan, dan pengeluaran keuangan, bukti kas yang berhubungan dengan kegiatan Yayasan dan dilaporkan secara transparan.
e.    Mengaplikasikan teknologi informasi dalam administrasi pendidikan.
f.    Mendokumentasi data kelembagaan dengan menggunakan berbagai media.
g.   Memberi pelayanan administratif kepada pendidik dan tenaga kependidikan, serta orang tua peserta didik.
h.   Mengelola sarana dan prasarana satuan/program PAUD secara optimal.
i.     Memperlancar administrasi penerimaan peserta didik dan pengelompokkan peserta didik.
j.     Mengelola keuangan sesuai dengan prinsip pengelolaah yang akuntabel, transparan dan efisien.
k.   Mengelola ketatausahaan untuk mendukung pencapaian tujuan.
l.     Menjalin kerjasama dengan seluruh pendidik dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan.
m. Bersikap ramah, terbuka, dan transparan dalam memberikan pelayanan.
n.   Memiliki kepekaan sosial.
o.   Bekerjasama dengan berbagai pihak untuk kepentingan satuan/program PAUD.
4.    Komite Sekolah
a.       Meningkatan mutu pelayanan dengan memberikan pertimbangan, arahan dan dukungan tenaga, sarana dan prasarana, serta pengawasan pendidikan padatingkat satuan pendidikan.
5.    Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Perpustakaan
a.       Merencanakan pengadaan buku-buku pustaka/media cetak.
b.      Pengurusan layanan perpustakaan.
c.       Perencanaan pengembangan perpustakaan.
d.      Memelihara perbaikan buku-buku.
e.       Inventarisasi dan pengadministrasian buku-buku.
f.       Melakukan layanan bagi siswa, guru, dan tenaga kependidikan lainnya, serta masyarakat.
g.      Menyusun tata tertib perpustakaan.
h.      Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan perpustakaan secara berkala.
6.    Tugas Pokok dan Fungsi Kepala UKS
a.       Menyusun rencana kegiatan UKS berdasarkan data program puskesmas.
b.      Melaksanakan kegiatan UKS dan koordinasi lintas program terkait.
c.       Mengevaluasi hasil kegiatan UKS secara keseluruhan.
d.      Membuat catatan dan laporan kegiatan dibidang tugasnya sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban.
7.    Tugas Pokok dan Fungsi Guru Kelas/Sentra
a.       Membuat kelengkapan mengajar sentra dengan baik dan lengkap.
b.      Melaksanakan kegiatan pembelajaran.
c.       Melaksanakan kegiatan pembelajaran.
d.      Melaksanakan kegiatan penilaian proses belajar.
e.       Melaksanakan analisis hasil evaluasi pembelajaran.
f.       Menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan.
g.      Mengisi daftar nilai anak didik.
h.      Melaksanakan kegiatan membimbing (pengimbasan pengetahuan), kepada guru lain dalam proses pembelajaran.
i.        Membuat alat pelajaran/alat peraga.
j.        Menumbuh kembangkan sikap menghargai karya seni.
k.      Mengikuti kegiatan pengembangan dan pemasyarakatan kurikulum.
l.        Melaksanakan tugas tertentu di sekolah.
m.    Mengadakan pengembangan program pembelajaran.
n.      Membuat catatan tentang kemajuan hasil belajar anak didik.
o.      Mengisi dan meneliti daftar hadir sebelum memulai pembelajaran.
p.      Mengatur kebersihan ruang kelas dan sekitarnya.
8.    Tugas Pokok dan Fungsi Guru Pendamping
a.    Mendampingi guru kelas/sentra  dalam menyiapkan kegiatan yang berkaitan dengan materi belajar.
b.   Mendampingi anak berkebutuhan khusus dalam menyelesaikan tugasnya dengan pemberian instruksi yang singkat dan jelas.
c.    Menyusun kegiatan yang dapat dilakukan di dalam kelas maupun di luar kelas.
d.   Memberikan pengajaran yang menyenangkan kepada anak.
e.    Membantu dalam melakukan penilaian tahapan perkembangan anak.
9.      Tugas Pokok dan Fungsi Pengasuh
a.       Melakukan perawatan kebersihan anak.
b.      Merawat kebersihan fasilitas yang digunakan anak.
c.       Bersikap dan berperilaku sesuai dengan kebutuhan dan psikologis anak.
C.  Alamat dan Peta Lokasi Satuan lembaga PAUD Terpadu Arimbi

PAUD Terpadu Arimbi berada di JL. Mulawarman RT. 38 No. 44 Kelurahan Manggar, Kecamatan Balikpapan Timur, Kode Pos 76116.

D.  Status Satuan lembaga PAUD Terpadu Arimbi
1.    Nama Satuan PAUD                 : ARIMBI
2.    Jenis Satuan PAUD                   : TK, KB, dan TPA
3.    Status Satuan PAUD                : Swasta
4.    Status Kepemilikan PAUD       : Yayasan
5.    Alamat Satuan PAUD               : Jl. Mulawarman RT.38 No. 44, Kelurahan Manggar,
                                                        Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan,
                                                    Kode Pos 76116
6.    Akte Notaris Satuan PAUD
No                                              : 59
Tanggal                                      : 09 April 2012
Dikeluarkan oleh                       : Dewi Handayani, S.H, M.Kn
7.    Perijinan satuan PAUD
No                                              : 420/100/DisdikPLS.III/2015
Tanggal                                      : 24 Maret 2015
Dikeluarkan oleh                       : Dinas Pendidikan Kota Balikpapan
No. NPWP Lembaga                 : 31.515.383.3.721.000
8.      NPSN KB/TPA                         : 69806233/69806240
9.      Akreditasi                                  : Baik (B)
No. Akreditasi                           : No. PAUD 6471 00009 12 2015
Tanggal                                      : 23 Desember 2015
Dikeluarkan oleh                       : BAN PAUD dan PNF
Masa Berlaku                             : 23 Desember 2020
10.  Data Rekening Bank
Nama Bank                                : Bank BRI
Cabang/Unit                              : Manggar
No. Rekening                            : 2112.01.002014.50.9
Atas nama                                  : KB Arimbi
Nama Bank                                : Bank Kaltim
Cabang/Unit                              : Manggar
No. Rekening                            : 1212056088  
E.  Analisis Swot PAUD Terpadu Arimbi
PAUD Terpadu Arimbi terletak di kecamatan Balikpapan Timur, dan PAUD Terpadu Arimbi saat ini merupakan PAUD satu-satunya yang berada di kecamatan Balikpapan Timur untuk menampung anak-anak usia dini yang belum bersekolah dan tidak dapat masuk TK karena biaya dan hal-hal lainnya.
1.   Strengths (Kekuatan)
Strategi kekuatan yang dimiliki oleh PAUD Terpadu Arimbi adalah :
a.       Berada dilingkungan atau area yang aman jauh dari jalan raya.
b.      Banyak jumlah anak usia dini di masyarakat  yang belum bersekolah.
c.       Berada di lingkungan yang padat penduduk kelurahan manggar.
d.      Memiliki bangunan milik sendiri seluas 550 .
e.       Biaya masuk  sangat murah dan bagi yang tidak mampu gratis.
f.       Biaya-biaya administrasi sekolah sangat terjangkau.
g.      Biaya dapat dicicil hingga lulus sekolah.
h.      Memiliki local/ruang kelas 5, 1 ruang perpustakaan, 1 ruang UKS, 1 Dapur, 8 WC.
i.        Memiliki halaman sekolah yang luas untuk bermain dan dilindungi atap, serta berpagar.
j.        Memiliki panggung untuk pergelaran.
k.      Memiliki tenaga pendidik yang cukup dan mau bekerja secara social.
l.        Tenaga pendidik memiliki latar belakang SMA 9 orang dan S1 1 orang.
m.    PAUD bernuansa Islami.
n.      Dikenalkan dasar 3 bahasa , bahasa Indonesia, Inggris dan Arab.
o.      Memiliki program pembelajaran yang jelas dan menyenangkan.
p.      PAUD Terpadu Arimbi berdampingan dengan Sekolah Menengah Pertama Negeri.
q.      Memiliki lahan parkir yang luas.
r.        Dekat dengan layanan kesehatan, bank, dan swalayan.
2.   Weaknesses (Kelemahan)
Ada beberapa kelemahan yang kami miliki dan kami terus berusaha untuk mencapai suatu perbaikan tersebut sehingga minimal sisi kelemahan tersebut dapat terkurangi :
a.       Peralatan indoor masih terbatas pada permainan edukasi seperti balok-balok dan permainan pura-pura (model) saja, karena masih terbatasnya bantuan pembiayaan.
b.      Mutu/kualitas input, proses dan output PAUD belum sesuai dengan yang diharapkan.
3.   Opportunities ( Peluang)
Selain kekuatan dan kelemahan di atas, terdapat juga peluang yang harus dapat kami raih dan tantangan/ancaman yang harus dapat kami rubah menjadi peluang.
Adapun peluang dan tantangan tersebut adalah sebagai berikut :
a.       PAUD Terpadu Arimbi dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat termasuk mereka yang tergolong masyarakat kurang mampu.
b.      Sasaran yang dapat digarap oleh lembaga PAUD Terpadu Arimbi sangat banyak
c.       Terdapatnya kesadaran dan kesediaan masyarakat membiayai anaknya secara mandiri walaupun sangat minim.
d.      PAUD Terpadu Arimbi  membuka diri untuk adanya dari pihak – pihak lain sebagai donator untuk membantu proses pembiayaan pembangunan dan proses KBM.
e.       PAUD Terpadu Arimbi juga tidak berdiam diri dengan terus mencoba kesempatan dan peluang-peluang untuk mengajukan dana ke instansi terkait atau pihak-pihak yang peduli terhadap dunia pendidikan khususnya pendidikan anak usia dini.
4.   Threats  (Ancaman)
a.       Lembaga –lembaga Taman Kanak-Kanak  di kecamatan Balikpapan Timur sudah  ada yang modern dan memiliki fasilitas yang lengkap
b.      Lembaga – lembaga TK yang memiliki fasilitas lengkap, memiliki daya tariknya dengan kegiatan-kegiatan ekskul salah satunya adalah drumband
c.       Tuntutan orang tua untuk memaksakan pihak lembaga atau guru PAUD untuk mengajarkan calistung.
d.      Kemiskinan & Pengangguran di kelurahan Manggar  cenderung meningkat.
e.       Masih rendahnya pendidikan masyarakat sekitar sehingga rendahnya pemahaman akan pentingnya pendidikan bagi anak-anaknya.
f.       Masih  sangat rendahnya kesadaran masyarakat tentang Penididikan Anak Usia Dini, pemahaman mereka bahwa anak-anak tidak perlu disekolahkan PAUD karena hanya bermain saja.
g.       Masih rendahnya pemahaman tentang gizi yang baik bagi anak.
h.      \PAUD Terpadu Arimbi adalah PAUD yang memiliki kecenderungan untuk mandiri, mencari pembiayaan dari pihak ketiga yaitu masyarakat (individu) atau badan usaha swasta, dan tidak mudah bahkan kesulitan dalam membangun networking (silaturahim) dengan pihak – pihak tersebut.
i.        Karena pemerintah baru menggalakkan pendidikan PAUD sehingga dalam mendirikan PAUD masih sangat dipermudah sehingga akan munculnya PAUD-PAUD dari tahun-ketahun seperti jamur.
j.        Masih terbatasnya bantuan-bantuan sarana prasarana yang digulirkan oleh pemerintah.



F.  Visi, Misi, dan Tujuan PAUD Terpadu Arimbi
1.      Visi PAUD Terpadu Arimbi
“PAUD Terpadu Arimbi Sekolah Unggul dan Memmbentuk Generasi yang Islami”
2.      Misi PAUD Terpadu Arimbi
a.    Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan generasi yang berakhlak, berbudi, dan berprestasi, serta mengembangkan bakat anak didik.
b.    Meningkatkan, mengarahkan dan membina anak didik menghormati dan menyayangi orang tua, guru, alam, lingkungan, serta sesama.
c.    Meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan keterampilan IPTEK (Ilmu Pengetahuan Teknologi) anak didik dalam proses bermain, belajar, dan mengajar.
3.      Tujuan PAUD Terpadu Arimbi
Adapun tujuan PAUD Terpadu Arimbi yaitu sebagai berikut:
a.    Membangun landasan bagi berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia, kreatif, inovatif, mandiri, percaya diri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggungjawab.
b.    Mengembangkan potensi kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, dan sosial anak didik pada usia emas pertumbuhan dalam lingkungan bermain yang edukatif dan menyenangkan.
c.    Membantu anak didik mengembangkan berbagai potensi baik psikis maupun fisik yang meliputi moral dan nilai-nilai agama, sosial-emosional, kognitif, bahasa, fisik/motorik, kemandirian, serta seni, untuk siap memasuki pendidikan dasar.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kunjungan dari Himpaudi Kecamatan

Selasa, 04 Desember 2018. Dilaksanakannya pertemuan Bersama Ketua Himpaudi kecamatan Balikpapan Timur beserta jajarannya, ketua yayasan, k...